USING STORYTELLING TO IMPROVE STUDENT’S PUBLIC SPEAKING AT THE SEVEN GRADE OF SMP USDATARA IN SORONG CITY
Abstract
Penelitian yang dilakukan oleh Penulis memiliki 2 tujuan yaitu: 1) untuk mengetahui signifikansi storytelling dalam meningkatkan kemampuan public berbicara siswa di MTs Usdatara Kota Sorong Kelas VII. 2) Penggunaan storytelling dalam pembelajaran berbicara bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan pengumpulan data melalui tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan public speaking siswa, sedangkan observasi untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran. Peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui teknik bercerita menunjukkan hasil yang baik dalam penelitian ini. Nilai rata-rata pre-test pada siswa sebesar 57,93 meningkat menjadi 71 pada siklus 1. Peningkatan mencapai 78,67 untuk siklus 2. Sejalan dengan itu, aktivitas siswa dalam proses pembelajaran meningkat, ditandai dengan keterlibatan dan partisipasi yang lebih tinggi. Dalam belajar mereka sangat percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris karena motivasi yang tinggi. Siswa juga merespon positif penerapan teknik storytelling dalam pembelajaran berbicara. Teknik bercerita berhasil meningkatkan keterampilan dan aktivitas berbicara siswa serta menciptakan pengalaman belajar yang menarik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. (2022). Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengajar. ARRUSYD: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 94 –111.
Anugrah, M. (2019). Penelitian tindakan kelas: (langkah-langkah praktis pelaksanaan penelitian tindakan kelas). Yogyakarta: LeutikaPrio.
Afriyelni, W. (2018). “Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Storytelling di Taman Kanak Kanak Ketilang, UIN Jakarta.” UIN Jakarta Repository.
Ariani, L., & Hariyono, D. S. (2019). Storytelling sebagai metode dalam mengembangkan kemampuan berbahasa pada anak prasekolah. Http://Fppsi.Um.Ac.Id/Wp-Content/Uploads/2019/07/5-Storytelling-Sebagai-Metode-Dalam-Mengembangkan-Kemampuan-Berbahasa-Pada-Anak-Prasekolah-36-44.Pdf
Hamzah Hamzah., & Yanissya O. (2022).‘Kemampuan public speaking guru dalam pembelajaran pendidikan agama islam’. Journal of Administration and Educational Management, 5(1), 75–86.
Harianto, E. (2020). Metode bertukar gagasan dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(2), 411–422. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/56/38
Setyowati, H. (2020). Pelatihan public speaking bagi mahasiswa dan masyarakat umum: Public speaking training for students and the public community. Surya Abdimas, 4(2), 79–84.
Sugiyono, (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Ulfah. (2019). Peran konselor dalam mengembangkan potensi peserta didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.
Wafa, Y., & Abdul, M. (2022). Efektivitas Metode Belajar Storytelling untuk Meningkatkan Sosio-emosional Anak di Masa Pandemi Covid 19: Literature Review. Yaa Bunaya:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1).
Zulkarmain, L. (2021). ’Analisis Mutu (Input Proses Output) Pendidikan di Lembaga Pendidikan MTs Assalam Kota Mataram Nusa Tenggara Barat.’MANAZHIM, 3(1), 17 - 31.
DOI: https://doi.org/10.34124/jmace.v5i2.80
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
