AN ANALYSIS OF STUDENTS’ SPEAKING ANXIETY AT 2nd SEMESTER ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS OF VICTORY UNIVERSITY SORONG

Peter Manuputty, Erlin Pasanea

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan mahasiswa dalam berbicara bahasa Inggris dan jenis-jenis kecemasan mahasiswa dalam berbicara bahasa Inggris pada mahasiswa semester dua jurusan pendidikan bahasa Inggris Universitas Victory Sorong. Teknik Purposive Sampling dan metode deskriptif-kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Subjek dari penelitian ini merupakan mahasiswa sesmester 2 Universitas Victory Sorong. Responden terdiri dari 4 orang mahasiswa yang mengalami kecemasan di kelas, yaitu mahasiswa semester dua Jurusan Bahasa Inggris di Universitas Victory Sorong. Data dikumpulkan melalui kuesioner tertutup dan wawancara. Ada 5 faktor yang menyebabkan kecemasan mahasiswa dalam berbicara bahasa Inggris dari hasil penelitian ini. Faktor yang paling mendominasi adalah takut melakukan kesalahan, diikuti oleh kurangnya kosakata, kurang percaya diri, teman sekelas dan jenis tugas. Dan peneliti juga menemukan 3 jenis kecemasan yang dialami siswa dalam kecemasan berbicara mereka, faktor yang paling banyak adalah kecemasan komunikasi, diikuti oleh kecemasan tes dan ketakutan akan evaluasi negatif.


Keywords


Analisis, Berbicara, Kecemasan.

Full Text:

PDF

References


Agus M.Hardjana, 2016. “Ilmu Komunikasi.Bandung”. PT. Remaja Rosdakarya.

Andrew E. Sikula. 2017. “Komunikasi Bisnis”. Surakarta: Erlangga.

Babikir, A.B. 2016. Investigating Speaking Problems Among Learners Of English As A Foreign Language: A Case Study Shendi University.

Deddy Mulyana. 2015.”Komunikasi Bisnis, Peran Komunikasi Interpersonal dalam Aktivitas Bisnis”. Yogyakart : PT Buku Seru.

Hardiyanto, A. 2018. Cooperative Learning Method; How it Does Influence Speaking Skill

at the Tertiary Level. Jurnal Elsa, 16(2),106-115.

Juwitawati, W., Andiany R. P. 2018. Analysis Students’ Anxiety. Learning Speaking

Using Drill Method. In jurnal Project, 1(5), 600-610

Kuning, D. S. (2020). Applications of Social Media to Learn Speaking. Jurnal Elsa, 18(1):

—85. Jurnal Griya Cendikia, 6 (2), Juli 2021

Sugiyono. (2015). “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D)”.

Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2016). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Susilowati, R. (2019). “Listening Anxiety And The Solutions To Inhibit Its Negative Effects”.Journal Edukasi Lingua Sastra, 17(2), 13 - 26.




DOI: https://doi.org/10.34124/jmace.v4i2.66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.