EVALUASI KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN KLADUFU KECAMATAN SORONG TIMUR KOTA SORONG

Ranti F. Manopo, Hendry Jerry Jantje, Ronald Salomena

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mengevaluasi faktor penghambat Kinerja Aparatur Sipil dalam Meningkatkan Pelayanan Publik,  di Kantor Kelurahan Kladufu Kecamatan Sorong Timur Kota Sorong, dengan menggunakan metode deskripsi kualitatif. Sumber data dalam penilitian ini terdiri atas informan kunci (key informan), aparatur sipil Negara dan Masyarakat yang menerima Jasa Pelayanan di Kantor Kelurahan Kladufu KeluarRahan Kladufu Kecamatan Sorong Timur Kota Sorong. Dalam Teknik Pengumpulan Data mengunakan Pengamatan (Observasi), Wawancara dan Kuesioner, dengan menggunakan Analisis Data Deskriptif Kualitatif dimana proses analisis data dalam penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu Reduksi Data, Penyajian Data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan penelitian darii hasil analisis data Evaluasi Kinerja Aparatur dalam meningkatkan pelayanan publik di Kantor              Kelurahan Kladufu Kecamatan Sorong Timur Kota Sorong cukup baik namun ada beberapa hal terkait faktor-faktor penghambat yang masih perlu dibenahi agar Kinerja Aparatur Sipil Nrgara dalam meningkatkan pelayanan Pablik dapat tercapai dengan baik.

Keywords


Kinerja, Aparatur Sipil Negara, dan Pelayanan Publik.

Full Text:

PDF

References


Mangkunegara, Anwar Prabu. 2015. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung : Rafika Aditama.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda karya.

Posolong, Harbani. 2011. Teori Administrasi Publik. Makasar. Alfabeta.

Mulyadi dan Rivai (2009) Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta cetakan ke sembilan

Sedarmayanti, 2011, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Mandar Maju, Bandung.

Arikunto, Suharsini, 2005. Manajemen Penelitian Rineka Cipta, Jakarta.

Bastian. Bastian. 2001. Akuntansi sektor publik BPFE, Universitas Gajah Mada. Yogyakarta

Aniwati. 2014. Evaluasi Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Busan Sangatta Kabupaten Kutai Timur. Ejournal Ilmu Administrasi Negara.

Aniwati. 2014. Evaluasi Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Busan Sangatta Kabupaten Kutai Timur. Ejournal Ilmu Administrasi Negara.

Kurniawan, A. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Pembaharuan. Yogyakarta.

Nuralam, M. 2015. Evaluasi Kinerja Pegawai Dikantor Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang. Jurnal Publik.

Nuralam, Maman. 2015. Evaluasi Kinerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang. Jurnal Publik.

Riyanda, Rio. 2017. Faktor-faktor yang menghambat kinerja pelayanan publik di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota batam. Ejournal Ilmu Administrasi Negara.




DOI: https://doi.org/10.34124/jmace.v4i1.55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.